Wednesday 30 July 2014

Awas, Bakteri Pemakan Daging Ditemukan di Perairan Ini

http://ift.tt/eA8V8J

Sejenis bakteri pemakan daging terdeteksi di perairan Florida, Amerika Serikat. Bakteri tersebut bisa masuk ke aliran darah dan menyebabkan kematian.


Di Florida sendiri pada tahun lalu, bakteri yang dikenal dengan nama Vibrio tersebut telah menewaskan 11 orang. Sedangkan setiap tahunnya, ada 100 orang yang meninggal akibat bakteri itu di Amerika Serikat.


“Seseorang bisa tertular bakteri jika memakan ikan atau kerang mentah yang terjangkit virus tersebut,” kata sekretaris pers di Departemen Kementerian Kesehatan Florida, Pamela Crane, seperti dikutip oleh New Times.


Ia menambahkan, orang yang berenang di air laut dengan luka terbuka juga bisa tertular bakteri tersebut. Bakteri Vibrio memang banyak ditemui di perairan Florida. Namun, jumlahnya berlipat ganda pada musim panas karena bakteri itu berkembangbiak di air asin yang hangat.


“Karena secara alami bakteri itu ditemukan di air laut yang hangat, maka orang-orang dengan luka terbuka dapat terkena Vibrio vulnificus akibat kontak langsung dengan air laut,” sebut sebuah pernyataan dari Departemen Kesehatan Florida.


Pusat Pengendali dan Pencegah Penyakit (CDC) menyarankan warga untuk menghindari perairan air asin jika sedang terluka. Warga juga diminta untuk mengolah kerang dengan pelindung tangan serta memasak kerang hingga matang.


Orang yang terkena bakteri itu biasanya menunjukkan gejala-gejala seperti demam, kejang, kedinginan. Terkadang, dalam kasus yang parah, seorang penderita bisa saja harus menjalani amputasi organ tubuh. (Tech Times)






Sumber http://ift.tt/1uGg7EI

via suara.com

No comments:

Post a Comment