Thursday 31 July 2014

Bukan Hanya Argentina, 5 Negara Ini Juga Terancam Bangkrut

http://ift.tt/eA8V8J

Setelah melalui proses panjang hingga ke pengadilan, Argentina akhirnya gagal membayar utang yang jatuh tempo alias default. Lembaga pemeringkat Standard & Poor mengumumkan status default Argentina setelah negara itu tidak bisa mencapai kesepakatan dengan kreditor hingga batas waktu terakhir 31 Juli, kemarin.


Argentina bukan satu-satunya negara yang kesulitan untuk membayar utang luar negerinya dan di ambang kebangkrutan. Lembaga pemeringkat lainnya yaitu Moody’s Investor Service juga mempunyai daftar 10 negara yang terancam bagkrut akibat utang luar negeri yang membumbung tinggi.


1. Ekuador


Peringkat utang Ekuador adalah Caa1 dan jumlah utang pemerintah dibandingkan Produk Domestik Bruto adalah 24,8 persen. PDB pada 2014 yaitu 10.492 d0lar Amerika per kapita. Ekuador mengalami status default terakhir kali pada 2008. Ketika itu, Presiden Rafael Correa menggambarkan utang luar negeri Ekuador sebagai sesuatu yang immoral dan tidak mempunyai legitimasi. Membumbungnya utang luar negeri karena korupsi yang terjadi di masa lalu.


2. Mesir


Peringkat utang Mesir adalah Caa1 dan jumlah utang pemerintah dibandingkan Produk Domestik Bruto adalah 91,3 persen. PDB pada 2014 yaitu 6.696 dolar Amerika. Krisis politik yang berkepanjangan di Mesir telah membuat investor hengkang dari negara itu. Akibatnya, Moody menurunkan peringkat utang Mesir menjadi Caa1 pada Maret 2013. Presiden Mesir Abdel Fattah mengeluarkan kebijakan untuk menurunkan defisit anggaran mulai 1 Juli 2014.


3. Pakistan


Peringkat utang Pakistan adalah Caa1 dengan jumlah utang pemerintah dibandingkan PDB adalah 63,7 persen. PDB per kapita pada 2014 adalah 3,231 dolar Amerika. April lalu, Pakistan mengeluarkan obligasi pertama dalam tujuh tahun terakhir dan meraup 2 miliar dolar Amerika. Pakistan juga punya utang miliaran dolar Amerika kepada IMF. Pakistan nyaris mengalami default pada tahun lalu sebelum diselamatkan oleh Dana Moneter Internasional.


4. Venezuela


Peringkat utang Venezuela adalah Caa1 dengan jumlah utang pemerintah dibandingkan PDB sebesar 51,6 persen. PDB per kapita pada 2014 sebesar 13.531 dolar Amerika. Kebutuhan Venezeula terhadap uang tunai dalam jangka pendek bisa memicu masalah di masa yang akan datang. Presiden Nicolas Maduro berencana mengeluarkan obligasi melalui perusahaan minyak Petroleos de Venezuela untuk meningkatkan mata uang asing di dalam negeri. Kebijakan itu membuat inflasi di Venezuela melonjak menjadi 40,7 persen pada 2013.


5. Belize


Peringkat utang Belize adalah Caa2 dengan jumlah utang pemerintah dibandingkan PDB sebesar 80,4 persen. PDB per kapita pada 2014 sebesar 8.915 dolar Amerika. Belize adalah sebuah negara kecil di Amerika Tengah dengan populasi kurang dari 500 ribu jiwa. Negara itu sudah mengalami kesulitan membayar utang dalam beberapa tahun terakhir. Mereka menerima status default satu dekade lalu. IMF memprediksi total utang Belize akan mencapai 80,4 persen dari Produk Domestik Bruto pada 2014. (USAToday)






Sumber http://ift.tt/1zBPeAN

via suara.com

No comments:

Post a Comment