Monday 29 September 2014

Bahayanya Sering Konsumsi Makanan Berpenyedap Rasa

http://ift.tt/eA8V8J

Penyedap rasa atau yang dikenal pula dengan sebutan MSG (monosodium glutamate) sekarang seakan menjadi salah satu jenis bumbu tidak dapat dipisahkan dari makanan.


Padahal sebenarnya MSG adalah zat kimia yang sekadar untuk mendukung rasa masakan. Namun, sayangnya penggunaan penyedap rasa ini kian merajalela terutama banyak ditemukan pada makanan olahan atau instan.


Dan perlu Anda ketahui, konsumsi penyebab rasa terlalu banyak dapat menyebabkan efek buruk bagi kesehatan. Lantas, efek buruk apa saja yang bisa terjadi?


1. Sakit kepala

Sakit kepala adalah efek samping yang paling umum dari konsumsi MSG. Jika dibiarkan, dapat menjadi migrain dan kambuh berulang-ulang.


2. Mempengaruhi saraf

Kesehatan saraf bisa terpengaruh bila Anda sering atau terlalu banyak mengonsumsi penyedap rasa. Efek yang paling umum adalah mati rasa, kesemutan, dan sensasi terbakar di wajah atau leher. Penyakit neurodegenerative seperti Parkinson, Alzheimer, multiple sclerosis juga bisa muncul karena mengonsumsi terlalu banyak MSG.


3. Masalah jantung

Konsumsi terlalu banyak penyedap rasa juga bisa menimbulkan masalah jantung misalnya jantung berdebar, nyeri dada atau serangan jantung.


4. Berbahaya bagi kesehatan ibu dan bayi

Ibu hamil dan bayi dilarang makan makanan yang menggunakan penyedap rasa. Mengapa? Karena zat kimia sintetis yang terkandung di dalamnya bisa menyebabkan kerusakan pada organ-organ dan sel-sel tubuh secara keseluruhan.


Selain masalah kesehatan yang telah disebutkan di atas, konsumsi MSG berlebihan juga dapat menyebabkan tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, Ketidakseimbangan hormonal, autisme, alergi makanan, serta kerusakan pada retina.Jadi, mulai sekarang sebisa mungkin hindari atau batasi menyantap makanan yang menggunakan penyedap rasa untuk menghindari atau minimalisasi risiko tersebut. (Medic Magic)








Sumber http://ift.tt/1nyhK4G

via suara.com

1 comment:

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.


    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.



    ReplyDelete