Tuesday 30 September 2014

Iriana Widodo, Sosok “Ndeso” yang Dicinta Jokowi

http://ift.tt/eA8V8J

Hari ini, 51 tahun yang lalu, Hj. Iriana lahir di Surakarta, Jawa Tengah. Iriana adalah istri Gubernur Daerah Khusus Ibu Kota (DKI) Jakarta yang juga Presiden Terpilih Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi).


Menurut Jokowi, nama sang istri diadopsi dari Irian, nama pulau paling timur Indonesia, sebelum diberi nama Papua. Singkat namanya, sederhana pula sosoknya. Sebagai seorang istri pejabat, Iriani tak terlalu suka berdandan. Ibu tiga anak itu cukup santai dengan rambut tergerai dan tas tangan yang konon dibelinya di Pasar Klewer, Solo. Tak jarang pula, Iriani tampil anggun dengan hijabnya.


Boleh dikata, serba sedikit informasi soal perempuan yang sudah dinikahi Jokowi pada 24 Desember 1986 silam itu. Selama ini, publik tanah air hanya mengetahui sosok Iriani dari cerita sang suami, calon orang nomor satu di republik ini.


Dalam sejumlah wawancara dengan awak media, Jokowi menggambarkan istrinya sebagai pendamping yang setia dan apa adanya. Bahkan, Jokowi pernah berkata, karakter Iriana yang tak neko-neko-lah yang memikat hatinya.


“Dia itu sederhana, ndeso banget,” kata Jokowi menjawab pertanyaan soal apa daya tarik seorang Iriana.


Politisi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu mengaku, awal kedekatannya dengan Iriana adalah ketika perempuan yang adalah teman adiknya itu kerap datang berkunjung ke rumah. Witing tresno jalaran soko kulino, saking seringnya bertemu, cinta pun bersemi.


Istri idaman, begitulah Iriana di mata Jokowi. Perempuan yang gemar beryoga ini adalah sosok yang sangat peduli pada suami. Dalam beberapa kesempatan, terungkap bahwa Iriana masih rajin membuatkan jamu kesehatan untuk Jokowi. Iriana pun mengaku, dirinya punya kiat khusus untuk selalu dekat dengan suami yang punya segudang kesibukan. Perempuan yang murah senyum itu kerap mengajak Jokowi bersantai di kursi yang ada halaman belakang rumah. Sambil memijat kaki suami, Iriana berbagi kisah dan keluh kesah dengan suaminya itu. “Ada seorang perempuan hebat di balik seorang pria yang sukses” mungkin jadi pepatah paling tepat untuk menggambarkan peran Iriana dalam kehidupan Jokowi.


Selangkah lagi, Iriana akan jadi Ibu Negara. Ibunda dari Gibran Rakabuming, Kahiyang Ayu, dan Kaesang Pangarep itu akan mendampingi Jokowi menuju Istana Merdeka setelah sang Presiden Terpilih dilantik. Menjadi First Lady, Iriana diharapkan rakyat untuk tetap membumi, tetap mempertahankan “kesederhanaan” sebagai nama tengahnya.


Simak juga tokoh-tokoh dengan kisah hidup yang luar biasa:


Gus Dur, Bapak Pluralisme Indonesia

Nelson Mandela, “Bapak Bangsa” Pecinta Batik Indonesia

Ayatollah Khamenei, Sebut Israel Sebagai “Kanker”

Benito Mussolini, Luar Biasa Benci Pada Yahudi

Barack Obama, Presiden yang Suka “Selfie”








Sumber http://ift.tt/1rDh0cN

via suara.com

No comments:

Post a Comment