Wednesday 30 April 2014

Umat Buddha Gelar Pindapatta Sambut Waisak

http://ift.tt/eA8V8J

Suara.com - Umat Buddha menggelar ritual “Pindapatta” sebagai bentuk persembahan makanan dan minuman kepada para biksu menyambut Hari Raya Waisak di Jalan Gunung Agung hingga Vihara Sakyamuni, Denpasar, Kamis (1/5/2014).


“Tradisi ini untuk melatih umat Buddha berbuat baik kepada para biksu terlebih menjelang perayaan Tri Suci Waisak pada 15 April mendatang,” kata Ketua Majelis Agama Buddha Therawada Indonesia Sudiarta Indrajaya di Denpasar.


Sudiarta juga menyatakan, kegiatan itu sebagai pemaknaan ketika para biksu melakukan pertapaan dan turun untuk bersosialisasi dengan umat. Oleh sebab itu, lanjut Sudiarta, umat Buddha berkewajiban mempersembahkan makanan dan minuman kepada para bhikkhu tersebut.


“Umat Buddha diberi kesempatan berbuat baik kepada yang disucikan dengan mengaplikasikan perbuatannya memberi makanan dan minuman kepada Bhikkhu,” jelas Sudiarta.


Sudiarta Indrajaya menambahkan, dalam kegiatan kali ini menghadirkan tiga biksu, yakni Saddhavirro Mahattera, Saccdhammo Thera, dan Tejanando Thera.


Prosesi kegiatan “Pindapatta” tersebut di mulai dari Jalan Wahidin, Jalan Gunung Agung, dan berakhir di Vihara Sakyamuni di Desa Padangsambian, Kota Denpasar.


Selama perjalanan tiga biksu tersebut, umat Buddha berjejer di sepanjang jalan untuk mempersembahkan makanan dan minuman. (Antara)






Sumber http://ift.tt/1jkeRj7

via suara.com

No comments:

Post a Comment