Sunday 31 August 2014

MPR: Tokoh Islam Berperan Penting Melawan Perkembangan Faham ISIS

http://ift.tt/eA8V8J

Tokoh Islam memiliki peran yang sangat besar untuk melawan berkembangnya dukungan terhadap kelompok Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS) di Indonesia.


Hal itu dikatakan Wakil Ketua MPR Melani Leimena Suharli, usai acara halal bihalal komunitas haji dan umrah Al-Amin di Jakarta, Minggu (31/8/2014).


“Peranan dari ustadz sangat besar, baik di majelis-majelis taklim dan komunitas-komunitas lainnya untuk melawan perkembangan ISIS di Indonesia,” katanya.


Melani mengatakan, upaya melawan berkembangnya ISIS di Tanah Air semata bukan hanya tanggungjawab pemerintah. Menurutnya, tokoh agama juga memiliki peran dan tanggungjawab yang besar untuk menghentikan berkembangnya kelompok ISIS.


Menurut Melani, sulit untuk menumpas benih-benih terorisme di Indonesia jika hanya mengandalkan pemerintah karena masyarakat dan tokoh utama juga merupakan ujung tombak untuk melawan terorisme di Indonesia.


“Kita harus mendukung setiap langkah pemerintah melawan berkembangnya benih-benih ISIS di Indonesia. Negeri kita yang beranekaragam suku, agama, ras dan kepercayaan harus kita lindungi,” ujar Melani.


Ia mengatakan, salah satu peran yang bisa dilakukan oleh tokoh agama dalam membantu pemerintah melawan ISIS bisa dimulai dengan memberikan pemahaman kepada umat.


“Tokoh-tokoh agama itu harus memberikan pemahaman kepada umatnya bahwa kita harus memiliki pandangan sebagai bangsa Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme. Misalnya, setiap pengajian yang digelar harus ditekankan bahwa kita harus memiliki sikap pluralisme,” ujar Melani.






Sumber http://ift.tt/1ne5KPZ

via suara.com

No comments:

Post a Comment