Saturday 30 August 2014

Sebanyak 14.000 Warga Ikuti Parade Peringatan HUT Malaysia

http://ift.tt/eA8V8J

Peringatan Hari Kemerdekaan Malaysia di Dataran Merdeka, Kuala Lumpur, Minggu (31/8/2014) digelar dengan acara parade yang diikuti 14.000 warga Malaysia.


Perayaan dihadiri oleh Yang di-Pertuan Agong Tuanku Abdul Halim Mu’adzam Shah, Perdana Menteri Datuk Seri Najib Tun Razak, para menteri kabinet, serta kepala perwakilan asing.


Acara yang dimulai pukul 08.15 waktu setempat itu mengusung tema “Di Sini Lahirnya Sebuah Cinta”. Dataran Merdeka merupakan tempat di mana bendera Inggris “The Union Jack”, diturunkan dan diganti dengan bendera Malaysia “Jalur Gemilang” 57 tahun lalu.


Setelah menyanyikan lagu kebangsaan ‘Negaraku’ dan mengheningkan cipta selama satu menit, parade pun dimulai, diikuti 23 kontingen dari institusi-institusi pemerintah, sektor swasta, dan pasukan keamanan.


Tidak ketinggalan, lima helikopter milik Angkatan Udara Malaysia melintas membawa bendera Malaysia dan sebuah balon udara zeppelin dengan gambar Bapak Kemerdekaan Malaysia Tunku Abdul Rahman Putra Al-Haj melayang-layang di atas Dataran Merdeka.


Parade memperingati kemerdekaan Malaysia itu juga menjadi tontonan warga setempat maupun wisatawan asing, dan disiarkan secara langsung oleh stasiun-stasiun televisi Malaysia.


Dalam pidato kemerdekaannya pada hari Sabtu (30/8/2014) malam, Perdana Menteri Najib Razak menggariskan tiga Amanat Merdeka, yaitu mengukuhkan solidaritas rakyat, memupuk keyakinan untuk mencapai cita-cita, dan mewariskan sebuah Malaysia yang makmur dan sejahtera.


Pidato tersebut merupakan yang pertama kalinya dilakukan Najib secara langsung di hadapan publik Malaysia tanpa rekaman terlebih dahulu seperti biasanya. (Antara)






Sumber http://ift.tt/VWWk47

via suara.com

No comments:

Post a Comment