Sunday 29 June 2014

Hatta Ingin Salurkan Rp10 Triliun dalam 5 Tahun untuk Riset

http://ift.tt/eA8V8J

Dalam kesempatannya menyampaikan pendalaman visi-misi di acara Debat Cawapres, di Gedung Bidakara, Jakarta, Minggu (29/6/2014), cawapres Hatta Rajasa menyampaikan sejumlah janji dan rencananya bersama capres Prabowo Subianto.


Salah satunya adalah terkait anggaran untuk riset dan penelitian, yang jumlahnya menurutnya mencapai Rp10 triliun dalam lima tahun ke depan.


“Pendidikan berkeadilan dan berkualitas adalah kewajiban konstitusi. Ini amanat konstitusi kita. Oleh sebab itu, tidak ada pilihan lain untuk melaksanakan itu. Anggaran dapat kita siapkan, untuk SDM,” ungkapnya.


“Untuk membangun pusat inovasi penting untuk kita, karena itu bagian dalam peningkatan daya saing bangsa,” tambahnya. “Maka, yang pertama, Prabowo-Hatta menyiapkan, satu, anggaran kita naikkan untuk perguruan tinggi, (termasuk dana) operasi dua kali lipat,” sambungnya.


“Menyalurkan Rp10 triliun lima tahun untuk dana riset untuk diprioritaskan, supaya dapat diterapkan di sektor penting, (seperti) pangan, energi, transportasi, kesehatan, dan sebagainya. Oleh sebab itu, kita harus kembangkan pendanaan tersebut,” ujarnya lagi.


“Kedua, guru harus ditambah dalam waktu lima tahun (sebanyak) 800.000, dan kita tingkatkan kualitas dan kesejahteraannya. Dengan demikian Iptek dan pendidikan akan berkembang seiring, demi peningkatan SDM dalam rangka menghadapi tantangan ke depan,” ujar Hatta lagi.






Sumber http://ift.tt/1pMC0eV

via suara.com

No comments:

Post a Comment