Sunday 29 June 2014

Survei Indo Barometer: Elektabilitas Prabowo-Hatta Dekati Jokowi-JK

http://ift.tt/eA8V8J

Hasil survei terakhir yang dilakukan oleh Indo Barometer sejak tanggal 16-22 Juni 2014 menunjukkan elektabilitas kandidat pasangan capres cawapres nomor urut satu, Prabowo Subianto-Hatta Rajasa dan mulai menggerus elektabilitas pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla.


“Perolehan suara Prabowo-Hatta mengalami kenaikan menjadi 42,6 persen sementara suara Jokowi JK mengalami penurunan menjadi 46 persen,” ujar Direktur Indo Barometer, Muhammad Qodari, di Jakarta, Minggu (29/6/2014).


Survei yang melibatkan 1.200 orang di 33 provinsi di Indonesia itu diklaim mempunyai tingkat kepercayaan hingga 95 persen.


Pada hasil survei sebelumnya yang dilakukan pada tanggal 28 Mei-4 Juni 2014, perolehan suara yang memilih Prabowo-Hatta hanya 36,5 persen dan Jokowi-JK masih unggul 49,9 persen.


Qodari menyebutkan pasangan Prabowo-Hatta mengalami kenaikan suara 6,1 persen dan sebaliknya terjadi penurunan 3,9 persen untuk pasangan Jokowi-JK.


“Selisih suara Prabowo-Hatta dan Jokowi-JK yang tadinya 13,5 persen sekarang menjadi 3,4 persen,” tutupnya.


Hasil survei Indo Barometer ini tidak jauh berbeda dengan hasil dari Lingkaran Survei Indonesia pada pertengahan pekan lalu yang menyatakan selisih suara antar kedua kandidat makin menipis.


Elektabilitas Jokowoi bisa semakin meningkat dengan memanfaatkan sisa masa kampanye.


Dalam survei LSI, Jokowi-JK tenar di kalangan pemilih perempuan, sementara Prabowo-Hatta di kalangan agamawan.






Sumber http://ift.tt/1pLNQGh

via suara.com

No comments:

Post a Comment