Monday 30 June 2014

India Berhasil Luncurkan Lima Satelit Asing ke Antariksa

http://ift.tt/eA8V8J

India berhasil meluncurkan roket yang membawa lima satelit asing ke luar angkasa, termasuk satelit Prancis, Singapura, Jerman, dan Kanada, pada Senin (30/6/2014).


Peluncuran roket yang dinamai “Polar Satellite Launch Vehicle” (PSLV) itu merupakan salah satu upaya India untuk meraup pasar program antariksa dunia yang bernilai 304 miliar dolar Amerika Serikat (sekitar Rp3.500 triliun) per tahun.


“Keberhasilan ini membuat hati setiap warga India bangga dan saya bisa melihat kebanggaan itu dari kegembiraan dan kepuasan yang terpancar di wajah kalian,” kata Perdana Menteri Narendra Modi, yang hadir di pangkalan peluncuran roket antariksa Sriharikota, India bagian selatan.


“Ini sungguh-sungguh menjadi pengakuan global akan kemampuan antariksa india,” imbuh Modi.


Satelit Prancis adalah yang paling besar, dengan bobot 714 kilogram, yang dibawa oleh PSLV. Empat satelit lain berukuran lebih kecil dan berbobot tujuh sampai 15 kg.


PSLV sejauh ini sudah meluncurkan 67 satelit, termasuk 40 satelit milik asing, ke luar angkasa. Prestasi terbesar India sejauh ini adalah berhasl meluncurkan 10 satelit sekaligus ke antariksa pada 2008. (Reuters/BBC)






Sumber http://ift.tt/1qJtC1i

via suara.com

No comments:

Post a Comment