Sunday 29 June 2014

Konsumsi Obat Kuat Ilegal Bisa Sebabkan Kematian

http://ift.tt/eA8V8J

Masyarakat dan konsumen yang selama ini sering mengonsumsi obat kuat ilegal dapat merusak kesehatan tubuh bahkan mengakibatkan kematian.


“Karena obat kuat yang dijual secara bebas di masyarakat, tidak memenuhi persyaratan dan tidak terdaftar di Badan POM,” kata Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) Sumatera Utara (Sumut), Abubakar Siddik di Medan, Minggu (29/6/2014).


Obat kuat ilegal yang beredar tersebut, menurut dia, diduga mengandung bahan kimia obat (BKO) yang sangat berbahaya bagi kesehatan manusia.


“Jadi, penyebab kematian bagi pengguna obat kuat yang tidak resmi itu, dikarenakan campuran bahan kimiawi dan hal ini harus dihindari,” ucap Abubakar.


Dia menyebutkan, konsumen yang sering meminum obat kuat ilegal tersebut, mengalami gangguan ginjal, gangguan hati, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya yang sangat berbahaya.


Bahkan, lanjut Abubakar, para penderita penyakit tersebut, sudah banyak yang pergi berobat ke luar negeri, tetapi sulit untuk disembuhkan.


“Masyarakat juga diminta harus ekstra hati-hati dan teliti, jika ingin mengonsumsi obat kuat ilegal yang tidak jelas dosis dan ketentuan pemakaiannya,” ujarnya. (Antara)






Sumber http://ift.tt/1mtEDPa

via suara.com

No comments:

Post a Comment