Sunday 29 June 2014

NASA Siapkan “Piring Terbang” Untuk Berangkat ke Planet Mars

http://ift.tt/eA8V8J

Badan Antariksa Nasional Amerika Serikat (NASA) menguji coba sebuah wahana antariksa berbentuk piring terbang untuk didaratkan di Planet Mars. Piring terbang tersebut memiliki kecepatan 4 kali kecepatan suara.


Wahana itu diterbangkan dari Fasilitas Rudal Angkatan Udara Amerika Serikat di Kauai, Hawaii. Sebuah balon helium raksasa digunakan untuk mengangkat piring terbang tersebut hingga ketinggian yang ditentukan.


Setelah sampai pada ketinggian 36.576 meter di atas Samudera Pasifik, wahana itu dilepaskan dari balon pengangkatnya. Kemudian, wahana tersebut menyalakan penggerak roketnya hingga meluncur dengan kecepatan 4.828 kilometer per jam.


Sayang, parasut berdiameter 34 meter yang sedianya digunakan untuk memperlambat laju piring terbang, gagal membuka. Wahana itu pun terhempas jatuh di lautan.


Kendati gagal, tim NASA sudah bisa mempelajari sistem yang akan mereka gunakan untuk mendaratkan wahana tersebut di Planet Mars. Uji coba ini merupakan salah satu upaya mempersiapkan pengiriman kendaraan penjelajah (rover) yang lebih besar, bahkan Manusia ke Planet Merah tersebut. (Reuters)






Sumber http://ift.tt/1k3656k

via suara.com

No comments:

Post a Comment