Friday 17 October 2014

Jean Claude Van Damme, Tenar Berkat “Tendangan Putar”

http://ift.tt/eA8V8J

Hari ini, 54 tahun yang lalu, Jean Claude Van Damme lahir di Berchem-Sainte-Agathe, Belgia. Van Damme adalah aktor laga kawakan yang membintangi puluhan film blockbuster seperti Bloodsport, Double Impact, dan The Expendables 2.


Siapa sangka, Van Damme kecil tidak punya tubuh berotot seperti yang kita saksikan di film-filmnya. Ya, saat masih kanak-kanak, Van Damme bertubuh kurus. Ia mulai belajar bela diri Karate di usia 11 tahun. Sejak itulah ia mulai pula tertarik pada olahraga angkat beban, juga tari balet.


Hobi baru menjadikan dirinya memiliki tubuh berisi, bahkan sampai bisa menjuarai kompetisi binaraga dan memperoleh gelar “Tuan Belgia”. Ia lalu membuka sebuah gym di Brussel, ibu kota Belgia dan mulai merambah dunia modelling. Berniat mengejar karier sebagai bintang film, Van Damme hijrah ke Hong Kong, Cina, lalu ke Los Angeles dan California.


Namun, menjadi bintang Hollywood tak mudah. Van Damme harus rela melakukan pekerjaan apapun untuk bisa bertahan hidup. Ia pernah menjadi supir taksi, pelayan restoran, instruktur aerobik, dan penjaga klub malam sampai akhirnya dapat beberapa peran kecil di sejumlah film.


Nama Van Damme langsung melambung saat tampil di Bloodsport (1999) film action buatan produser ternama Hollywood, Menahem Gollan. Tendangan putar yang ia pakai untuk menyudahi lawan-lawannya dalam film membekas di pikiran siapapun yang menonton film itu. Van Damme pun mulai diperhitungkan sampai akhirnya dapat peran di banyak film yang mampu mendulang jutaan dolar. Sebut saja, Kickboxer, Double Impact, Universal Soldier, dan banyak lagi. Talenta aktingnya juga memberikannya job sebagai pengisi suara Master Croc di Kung Fu Panda 2. Terakhir, sang master beladiri tampil sebagai vilain di film besutan Silvester Stallone, The Expendables 2.


Di puncak kejayaannya sebagai bintang, Van Damme pernah kecanduan kokain dan obat tidur sampai harus berurusan dengan pihak berwajib. Van Damme juga pernah didiagnosa menderita kelainan bipolar pada periode tersebut.


Tapi berkat pengobatan rutin, kondisi Van Damme membaik. Hingga kini, Van Damme telah menikah sebanyak lima kali. Dari hubungannya dengan lima perempuan tersebut, Van Damme memiliki tiga anak. Dua diantaranya mengikuti jejak sang ayah menjadi aktor.


Pada bulan Oktober 2012, pemerintah Brussels membuatkan patung khusus perunggu khusus untuknya. Patung tersebut menggambarkan dirinya sebagai juara bela diri dalam posisi siap bertarung.


Baca juga:


Eva Green, Aktris Bermata Indah yang Tak Tergiur Hollywood

Tom Cruise, Jaminan Untung Tidaknya Sebuah Film








Sumber http://ift.tt/1Ff1CdW

via suara.com

No comments:

Post a Comment