Saturday 18 October 2014

Mirip Alat Bantu Seks, Balon Raksasa Ini Dirusak

http://ift.tt/eA8V8J

Sebuah instalasi seni berupa balon raksasa di Place Vendome, Paris, Prancis, jadi sasaran vandalisme. Diduga, aksi vandalisme ada kaitannya dengan protes yang muncul lantaran bentuk balon yang menyerupai alat bantu seks.


Karya seni setinggi 24 meter tersebut adalah buatan seniman Amerika Serikat (AS) Paul McCarthy. Benda yang berbentuk mirip alat bantu seks raksasa itu dipamerkan pertama kali pada hari Kamis (16/10/2014).


“Sekelompok orang tak dikenal memotong kabel-kabel yang menahan balon tersebut sehingga ambruk,” tutur polisi setempat.


Kemudian, untuk mencegah terjadinya kerusakan yang lebih parah, orang yang bertanggung jawab atas balon tersebut mengempeskannya. Pada Sabtu (18/20/2014) sore, balon yang telah kempes itu sudah tak ada lagi di tempat semula.


Kepada surat kabar Prancis Le Monde, McCarthy mengatakan, instalasi seni yag dinamakan “Tree” ini memang terinspirasi dari bentuk sejenis alat bantu seks. Instalasi itu merupakan bagian dari Pameran Seni Kontemporer Internasional (FIAC) yang digelar tanggal 23 hingga 26 Oktober di Paris, Prancis.


Wali Kota Paris Anne Hidalgo mengecam aksi vandalisme tersebut. Ia juga mengecam aksi pemukulan terhadap McCarthy sang seniman. Ada seorang lelaki yang memukul wajah McCarthy lalu berlari.


“Paris tidak akan mengalah pada ancaman dari mereka yang, menyerang seniman atau karya seni. Mereka ini menyerang kebebasan artistik,” kata Hidalgo. (Reuters)








Sumber http://ift.tt/1wgbAWl

via suara.com

No comments:

Post a Comment