Friday 17 October 2014

Pesawat Ulang Alik Misterius AS Akhirnya Mendarat

http://ift.tt/eA8V8J

Sebuah pesawat misterius yang telah menjalani misi hampir dua tahun di luar angkasa mendarat di pangkalan Angkatan Udara Amerika Serikat (AU AS) Vandenberg, California, hari Jumat (17/10/2014).


Pesawat nirawak bernama X-37B itu berbentuk seperti pesawat ulang-alik, hanya ukurannya lebih kecil. Pesawat dengan panjang 9 meter itu telah mengorbit selama 22 bulan untuk menjalankan misi yang dirahasiakan.


Pesawat yang dikenal dengan Kendaraan Uji Orbit itu diluncurkan dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral dengan roket Atlas 5 pada 11 Desember 2012 silam.


Beragam spekulasi pun bermunculan terkait pesawat misterius tersebut. Ada yang mengatakan pesawat tersebut dipakai untuk mengintai laboratorium angkasa milik Cina. Sejumlah ahli menduga pesawat itu membawa perangkat pengintaian di ruang kargonya. Ada pula yang menyangka pesawat tersebut dipakai untuk membajak satelit milik negara lain.


AU AS hanya memberikan informasi serba sedikit soal pesawat tersebut. Menurut mereka, pesawat buatan pabrikan pesawat terbang Boeing itu melakukan “eksperimen reduksi risiko, pengembangan operasi konsep untuk teknologi kendaraan luar angkasa yang bisa didaur ulang”. Biaya program luar angkasa itu juga dirahasiakan. (Reuters/Independent)








Sumber http://ift.tt/1Dkgaah

via suara.com

No comments:

Post a Comment