Friday 17 October 2014

Trik Agar Makan Pasta Jadi Lebih Sehat

http://ift.tt/eA8V8J

Ada satu cara sederhana agar Anda bisa menikmati masakan pasta tanpa harus khawatir dengan kalori yang terkandung di dalamnya.


Trik sederhana yang mampu membuat pasta lebih sehat yakni dengan menghangatkannya.


Peneliti dari BBC Program Trust Me, I’m a Doctor menyebut bahwa memasak pasta kemudian mendinginkannya bisa membuatnya menjadi ‘resisten pati’ yang serupa dengan serat.


Tubuh Anda akan mengonsumsi glukosa lebih sedikit, dan yang terpenting lebih sedikit menyerap kalori.


Pati tersebut akan resisten terhadap enzim yang terdapat dalam sistem pencernaan yang berfungsi untuk memecah karbohidrat dan melepaskan glukosa yang menyebabkan naiknya kadar gula dalam darah.


Sebelumnya peneliti menyebutkan bahwa memanaskan pasta bisa mengembalikannya ke kondisi semula, namun percobaan yang dilakukan dalam program tersebut menemukan hal yang berbeda.


Relawan dalam percobaan yang dilakukan oleh Dr. Chris van Tulleken dan Dr Denise Robertson diberikan tiga jenis pasta saus tomat yakni pasta segar yang baru dimasak, pasta dingin dan pasta yang dihangatkan.


Tes darah pun dilakukan setiap 15 menit selama dua jam untuk melihat kadar glukosa dalam darah saat pasta tersebut dimakan.


Peneliti menemukan bahwa relawan yang mengonsumsi pasta yang sudah dingin mengalami kenaikan gula darah dan insulin yang tidak terlalu tinggi dibandingkan dengan pasta yang segar.


Namun, relawan yang mengonsumsi pasta yang sudah dihangatkan memberikan efek yang lebih dramatis yakni mengurangi kenaikan gula darah hingga 50 persen.


Dengan hasil tersebut, peneliti akan melakukan percobaan lanjutan terkait dengan pengaruh resistensi pati terhadap diet pada diabetes.


“Kita bisa mengubah makanan yang penuh dengan karbohidrat menjadi makanan yang kaya akan serat dengan hanya mengubah temperaturnya saka. Dengan kata lain, makanan sisa bisa menjadi makanan yang lebih menyehatkan,” kata Dr Van Tulleken. (News.com.au)








Sumber http://ift.tt/1qLpyfa

via suara.com

No comments:

Post a Comment